Tips Untuk Mendongkrak Karier Anda

Siapapun anda, pasti ingin mencapai karir yang mapan. Posisi dan jabatan yang strategis, gaji dan fasilitas bagus dan sejumlah kompensasi lainnya merupakan idaman setiap karyawan manapun. Tapi bagaimana kalau karir anda seperti mentok? Sementara anda merasa telah bekerja maksimal, disiplin dan selalu menuruti perintah bos. Pasti dalam hati anda bertanya-tanya sendiri. Apa yang salah?
Jika ini terjadi, sebaiknya jangan hanya diam dan pasrah. Atau tidak akan ada perubahan berarti dalam karir anda. Karir mandeg, gaji pun segitu-gitu aja. Jika tak mau bernasib demikian, silahkan terapkan beberapa langkah berikut untuk mendongkrak karir anda:

1. Sosialisasi dengan karyawan divisi lain 

Sosialisasi antar karyawan diyakini akan membantu perkembangan karir anda. Semakin banyak orang mengenal anda dan sebaliknta, semakin besar peluang anda untuk sukses di karir. Karena semakin banyak orang yang mengenal anda, semakin banyak pula orang yang mengetahui kemampuan anda. Dan ini membuka peluang dan kesempatan bagi anda untuk mendapatkan rekomendasi dan promosi jabatan.

 2. Bina hubungan baik dengan atasan

Anda tidak bisa mengelak untuk berhubungan baik dengan bos. Karena bagaimanapun, bos atau atasan memiliki otoritas terhadap perkembangan karir anda. Jika hubungan anda dengan bos kurang harmonis, bisa jadi karir anda akan terganjal. Bukankah untuk mendapatkan promosi anda harus melewati rekomendasi atasan anda? Ciptakan hubungan yang paling harmonis dengan si bos. Bukan hanya dengan selalu menuruti perintahnya saja tetapi juga dengan menciptakan komunikasi yang baik.





3. Fokuskan keahlian anda

Anda tidak perlu menonjolkan eksistensi diri di berbagai bidang untuk mendapatkan perhatian lebih dari si bos. Sebaiknya, cukup fokuskan kemahiran anda di satu bidang yang memang sudah seharusnya anda kuasai. Dengan cara ini, sangat mudah bagi atasan untuk menilai performa kerja anda yang tampak menonjol.

4. Pelajari teknologi

Untuk mendongkrak karir anda, anda tidak bisa menghindari kemajuan teknologi. Karena tak dapat dipungkiri kemajuan teknologi sangat membantu dan memperlancar tugas-tugas anda setiap hari. Misalnya penggunaan komputer, internet, mesin fax, foto copy, dll. Meskipun anda tidak tertarik dengan teknologi, pelajarilah teknologi. Paling tidak anda memahami dan menguasai teknologi yang berkaitan pekerjaan anda. Lagipula anda tak mau kan  terlihat primitif hanya karena masih berkutat dengan alat-alat yang bersifat manual?

5. Bergabung dengan organisasi di luar kantor

Membina hubungan dengan suatu organisasi profesi bisa jadi salah satu lompatan menuju sukses. Bayangkan jika organisasi ini dikenal juga oleh direksi perusahaan tempat anda bekerja, dan anda mendapat kesempatan untuk tampil sebagai pembicara di sebuah seminar yang diselenggarakannya. Tentu anda akan mendapat point tersendiri di mata perusahaan. Sehingga hal ini membuka jalan bagi kesuksesan karir anda bukan?


6. Berani mencoba tantangan
Jangan menolak jika anda ditawari menangani proyek yang tergolong ‘berat’. Ini merupakan kesempatan anda untuk unjuk gigi. Di saat rekan lain ciut, anda harus berani melakukan gebrakan. Tapi tentu saja jangan cuma bisa sesumbar, persiapkan proyek sebaik mungkin dan kerjakan dengan tekun. Ingat, kesempatan baik ini tidak sering-sering datang. Maka manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.





No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun