Tips Menghadapi Lingkungan Kerja Baru

Perputaran posisi, di pindahkan ke divisi lain, naik jabatan atau mendapat pekerjaan yang baru adalah biasa di lingkungan kerja.  Setiap karyawan baru atau baru menduduki suatu posisi dalam perusahaan, senantiasa harus membiasakan diri dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru pula.
Sebagian orang mungkin tidak mengalami kesulitan dengan proses adaptasi ini, mereka mudah mengakrabkan diri dengan karyawan lainya dan menyesuaikan diri dengan sistem yang sudah berjalan. Namun jika anda merasa kesulitan untuk mengatasi suasana baru ini, berikut beberapa langkah penting buat anda :

1. Berpikir terbuka

Setiap orang memiliki cara dan kriteria yang berbeda dalam menyelesaikan pekerjaan, begitupun atasan atau rekan kerja baru anda, namun harus anda pahami bahwa semuanya tentu memiliki tujuan yang sama sebagai satu tim. Anda harus berpikir terbuka dan siap menghadapi perbedaan pandangan dengan atasan atau rekan kerja baru anda. Merasa paling kompeten dan berkeras dengan pendirian pribadi sangatlah kurang tepat. Selalu belajar menerima perbedaan pendapat sebagai satu hal positif dan jika anda mampu mengkombinasikan perbedaan-perbedaan ini justru akan menberikan hasil yang baik.

2. Jangan melawan arus

Sebagai karyawan baru, jika anda kesulitan mengikuti sistem kerja yang sudah ada, jangan buru-buru menentang dan keluar dari sistem. Sepatutnya anda menyesuaikan dengan sistem yang sudah berjalan. Kalaupun anda melihat perlu ada perbaikan, pelan-pelan saja dan sampaikan pendapat anda dengan bijak. Tunjukkan bahwa meskipun sistem yang ada kurang sesuai menurut anda namun anda tidak mengeluh dan berusaha melakukan pekerjaan dengan baik. Hal ini akan menarik apresiasi dari atasan maupun rekan-rekan kerja baru anda. Namun jangan terlalu berlebihan atau anda akan di cap sebagai penjilat.




3. Fleksibel terhadap atasan baru

Berhubungan baik dengan atasan adalah hal terpenting yang harus di bina.  Tak perlu merasa kesal jika atasan anda terkesan cerewat dengan banyak pertanyaan,sering mengadakan rapat dan memberikan date line yang singkat.  Hal ini sangat lah wajar dilingkungan pekerjaan dan bukan semata-mata dia tidak mempercayai anda dalam menangani pekerjaan, namun atasan kita hanya ingin memastikan bahwa apa yang kita kerjakan berjalan dengan baik.  Mencobalah bersikap fleksible akan hal itu, karen sikap inilah yang bijak jika di lakukan.

4. Membangun Komunikasi yang Baik

Dari pada terus menerus jengkel dan mengeluh dengan pekerjaan yang baru karena belum bisa untuk mengikuti sistem yang ada.  Cobalah untuk membangun komunikasi dengan rekan kerja dan atasananda dengan lebih baik.  Komunikasikan dengan baik mengenai cara kerja yang atasan anda. Mintalah petunjuk dan masukkan dari atasan serta rekan kerja anda mengenai cara kerja dan sistem yang sudah berjalan agar anda dapat menyesuaikan diri dengan cepat dan tepat.




1 comment:

  1. mantap boss
    http://baguspedia.com/sarana99-com-agen-texas-poker-dan-domino-online-indonesia-terpercaya/

    ReplyDelete

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun