Mari Investasi Properti

Harga properti akan cenderung mengalami kenaikan, terutama di dalam kondisi ekonomi Indonesia yang sangat bagus. Sementara itu jumlah pasangan muda yang membeli tanah, apartemen, atau rumah dari tahun ke tahun semakin tinggi. Sedangkan ketersediaan tanah semakin terbatas.

“Investasi di dunia properti, selain mendapat keuntungan dari harga properti yang makin menanjak, juga mendapat cashflow yang bisa menjadi sumber pendapatan tetap Anda apabila disewakan. Pilih fokus investasi Anda, apakah untuk mendapatkan pendapatan tetap secara reguler dengan menyewakan properti, atau mendapatkan keuntungan dari selisih nilai jual-beli dari properti.






Namun properti memiliki likuiditas yang rendah,dalam artian bila anda hendak ingin menjual properti Anda,dibutuhkan waktu minimal 1-2 bulan bahkan lebih untuk terjadi transaksi jual beli. Oleh karena itu, pastikan dana darurat anda selalu tersedia.

Ada dua jenis investasi properti yang bisa Anda jajal, yaitu properti komersial (ruko, condotel) dan residensial (rumah tinggal, apartemen, rusunami). Jika Anda mengincar selisih nilai jual-beli properti, maka beli, dan tunggu hingga mencapai nilai tertinggi dan jual. Jenis investasi condotel ini mulai marak. Selain pendapatan tetap dari uang sewa, Anda juga mendapat jatah untuk meninggalinya. Jenis investasi ini bisa memberi keriaan tersendiri saat liburan tiba.

Dalam berinvestasi di properti, hal penting yang harus diperhatikan adalah lokasi. Lokasi yang strategis,daerah yang tidak banjir tentu saja akan cepat mendongkrak nilai properti Anda. Selain itu,pertimbangkan biaya-biaya yang akan muncul, seperti biaya KPR (bila Anda membeli dengan KPR), biaya renovasi, pajak pembeli, biaya notaris, dan sebagainya.



No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun