Mewujudkan Impian Membeli Rumah

Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Masalahnya harga rumah tiap tahun selalu naik. Sementara daya beli untuk membeli rumah kadang tak mencukupi.

Apalagi setelah kenaikan harga BBM. Jangankan mau menyisihkan dana untuk membeli rumah, untuk kebutuhan sehari-hari saja banyak orang yang masih kepayahan.

Meski begitu, Anda tak boleh berputus asa dalam mewujudkan rumah impian. Harga properti saat ini cukup tinggi. Jika ingin pakai KPR, perhitungkan lagi kemampuan maksimum 30% dari penghasilan.


Setelah tahu kemampuan bayar maksimal 30% atau sepetiganya ketemu barulah kita cari harganya.

Cari apakah beli di tengah kota dengan harga sedemikian mahal atau beli di pinggir kota. Sesuaikan dengan budget Anda. Atau Anda bisa membidik apartemen.

Kenaikan harga properti sangat drastis. Bahkan ada idiom, sampai kapan pun kalau kita menabung tidak akan pernah cukup untuk beli properti, karena daya beli uang kita dan kenaikan penghasilan sebagai pegawai tidak akan secepat kenaikan properti tersebut. Itulah kenapa akhirnya mau punya properti, fasilitas KPR sangat membantu.

Di lain pihak, KPR itu masuk dalam utang produktif, jadi utang di mana nilai aset yang dibeli dalam jangka waktu panjang akan selalu naik seiring dengan waktu. Ilustrasinya, harga properti kemungkinan bisa naik 3-4 kali lipat karena harga pasarnya 3-4 kali lipat kurang lebih sama seperti uang yang kita keluarkan saat mencicil. Jadi tidak ada ruginya mencicil KPR untuk beli properti. (as/dari berbagai sumber)

 

 

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun